Thursday, September 10, 2015

2. Menulis Kok Pengin Terkenal

Terkenal karena menulis bisa jadi. Nyatanya memang ada orang terkenal lantaran menulis. Seumpama para ulama, atau penulis-penulis novel, mereka dikenal dan terkenal melalui karya mereka.

Namun, ingin terkenal dengan nenulis kurang bagus. Apa pasal? Keinginan semacam itu justru menjadi penghalang Anda dalam berkarya.

Hal itu harus dihindari kalau Anda ingin jadi penulis. Mengapa? Kok bisa jadi penghalang?

Begini, terkenal atau dikenal karena tulisan itu adalah efek sampingnya saja, bukan tujuan yang dipampang di depan. Yang terpenting menulis saja dulu. Boleh jadi ingin terkenal bisa jadi motivasi tambahan untuk terus bersemangat dalam menulis. Yang jadi masalah, ketika Anda baru belajar menulis itu malah menjadi beban. Anda akan berpikir tulisan yang harus Anda hasilkan adalah tulisan yang berkualitas seperti penulis-penulis terkenal itu.

Lantas ketika Anda mulai menulis bukannya tulisan menjadi, malah terhenti di tengah jalan lantaran merasa kualitas yang dihasilkan tidak seperti yang diinginkan. Ah, bagaimana bisa terkenal kalau tulisan saya jelek seperti ini, ini yang terbayang di pikiran Anda. Lantas Anda mengubur impian  Anda menjadi penulis.

Di situlah masalahnya, baru ingin belajar menulis sudah mau menyandingkan diri dengan orang yang sudah terkenal. Jauh bro.

Yang mesti Anda lakukan adalah bukan melihat siapa mereka sekarang. Tetapi lihatlah bagaimana mereka sebelumnya? Mereka seperti Anda juga tidak langsung terkenal dan tulisan mereka tidak langsung bagus dan berkualitas tinggi. Mengapa mereka bisa? Karena mereka memang sudah melalui proses yang panjang. Tidak serta merta jadi. Awalnya mereka tentu seperti Anda.

Jadi jaukan dulu beban pikiran ingin terkenal itu yang penting menulis dulu. Mau terkenal atau tidak, tak masalah. Loh, buru-buru terkenal, menulis saja belum Anda lakukan. Anehkan? Oleh karena itu, mari menulis! Anda yakin?



1 comment:

  1. iron core.com - titanium screws
    .. Iron core.com. iron core.com. iron core.com. Iron core.com. Iron core.com. iron core.com. titanium mug Iron ti89 titanium calculator core.com. Iron ford escape titanium for sale core.com. Iron core.com. grade 5 titanium Iron core.com. Iron titanium band ring core.com.

    ReplyDelete